Panduan Saat Pertama Membuka Arc Map (ArcGis)

Kita dapat mengakses ArcMap dari tombol Start pada task bar Windows. Sebagai alternatif, Kita bisa mengklik dua kali dokumen ArcMap (.mxd file) untuk memulai ArcMap dengan Project peta yang diinginkan.

Pilih Project peta saat startup

Saat Kita menjalankan ArcMap dari jendela kerja Windows, ArcMap akan menampilkan kotak dialog Getting Started dari mana Kita dapat memilih peta yang ada atau memilih untuk membuat peta baru.
Memilih dokumen peta saat startup Klik dua kali dokumen peta yang ada untuk membukanya, atau buat yang baru dengan mengklik New Maps.



Kategori My Templates menampilkan dokumen peta (.mxd files) dalam folder Template di folder pengaturan aplikasi Kita. Ini memberi Kita tempat untuk meletakkan dokumen peta untuk digunakan sebagai template yang tidak memerlukan akses ke folder penginstalan perangkat lunak ArcGIS. Hanya Kita yang bisa melihat template yang Kita masukkan ke dalam folder ini. Folder ini terletak di% APPDATA% \ ESRI \ Desktop10.2 \ ArcMap \ Templates.

Baca Juga Cara Membuat Templete Peta di Arcgis

Saat Kita membuat dokumen peta baru, Kita dapat mengatur geodatabase defaultnya. Setiap dokumen peta memiliki geodatabase default, yang merupakan lokasi rumah untuk konten spasial peta Kita. Lokasi ini digunakan untuk menambahkan kumpulan data dan menyimpan kumpulan data yang dihasilkan melalui berbagai operasi pengeditan dan geoprocessing.

Jika Kita membuka dokumen peta yang ada, bidang ini hanya bisa dibaca dan menunjukkan geodatabase default dari dokumen peta yang Kita buka. Kita dapat mengubah geodatabase defaultnya kapan saja melalui jendela Catalog (klik kanan geodatabase yang ingin Kita gunakan sebagai default untuk dokumen Kita saat ini dan pilih Make Default Geodatabase) atau kotak dialog Properties Map Document (klik File> Map Document Properti).

Dari dalam ArcMap, Kita juga dapat membuat peta baru dengan melakukan salah satu dari yang berikut:
Klik tombol New pada menu utama.

Klik File> New atau tekan CTRL + N.

Subscribe to receive free email updates: